Sabtu, 22 November 2008

What's In A Name?

Rokok.
Apa yang ada di pikiran lu kalo denger kata itu?
Panjang? Asep? Penyakitan?
Kalo gua ditanya begitu gua bakal jawab: aneh.

Lho kok?

Iya lah aneh.Coba deh lu perhatiin merek rokok.Ada gitu yang nyambung sama isinya? Djarum, 234, Gudang Garam. Apa maksudnya? Belom lagi rokok endemik di Jogja yang namanya aneh2, kayak Rindang, Tali Jagat Raya, Djeruk, bahkan yang paling baru dan menurut gua paling ajaib : Jemani (lu pada tau Jemani kan? Taneman sejenis Anthurium yang sempet bikin heboh itu).

Kalo gua pikir2 (lagi tumben bisa mikir) kayaknya ga ad 1 pun nama rokok yang gua sebutin diatas yang nyambung sama isinya. Djarum.Rrokoknya dari jarum pa? Ato Rindang ? Apa itu? Apakah yang bikin mau pamer kalo "rokoknya" itu rindang?Penting banget.... . Belom lagi Jemani.Apa dy dibuat dari daun Jemani? Gila kali kalo sampe iy. Bukan ap2 pakde, asal lu tau itu rokok pamfletnya kesebar dimana-mana dengan tulisan Rp.1000,-. Seribu rupiah kawan ku semua! Cuma namanya doang tuh yang mahal.

Kata Shakespeare : "What's In A Name?"
Kayaknya semua orang-orang di industri rokok mengidolakan Shakespeare...
Karena emang, mau namanya kayak apa yang namanya rokok tetep rokok. Biar rokok Tali Jagat Raya diganti namanya pun akan tetep jadi rokok rasa permen karet yang bikin temen gua pagi2 mencret setelah malemnya merasakan kedahsyatan rokok Jogja itu.

Gua jadi mikir sendiri,"Ini sebenernya emang bener pemikiran gua ato gua terlalu goblok sehingga pesan dari produsen rokok tentang maksud nama mereka ga nyampe ke gua?".
Tapi coba deh lu liat rokok import. Kasusnya sama juga menurut gua. Nama rokoknya ga ada yang bener. Apa itu Mustang? Nama kuda? ko bisa jadi nama rokok?

Yah, mau gimana juga itu bukan urusan gua sih (lah kalo gitu ngapain nulis panjang2?).Kalo emang pendapat gua bener tentang mereka yang mengidolakan Shakespeare akan jadi aneh emang. Industri yang berada di negara yang justru terlalu bangga akan nama besar malah ga mikirin nama yang bagus buat dijual.

Akhir kata gua cuma mau bilang, merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung,impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger