Jumat, 06 Februari 2009

Pemuda Harapan Bangsa

"Generasi muda adalah generasi harapan bangsa!"

Di negeri kita tercinta yang dilanda banyak krisis, kita sering denger kalimat itu dilontarkan orang2 tua buat kita-kita yang masih muda.
Sering kan lu denger omongan kayak gitu?
Buat gua itu omongan sampah.
Bukan tanpa alesan juga gua mikir kayak gitu.

Orang-orang yang ngomong kayak gitu adalah orang-orang yang udah gak punya niat sama sekali buat ngerubah bangsa ini. Orang2 kayak gini cuma berusaha keliatan bijaksana di depan orang lain. Orang2 yang udah nyerah sama keadaan dan nyerahin tanggung jawab ke orang lain, dalam hal ini anak muda.


"Hari ini gratis, besok bayar".

Kalo ini sih sering ada di warung rokok. Pada tau kan lu? Apa maksudnya coba?
Lu bayar hari ini besok baru boleh gratis. Tapi, besoknya lu dateng dan lu baca tulisan itu lagi, lu bakal bayar lagi dan baru boleh gratis besoknya. Gitu terus sampe cucu lu ubanan kagak slese2.
Jadi apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah kagak bakalan ada yang gratis!

Nah, terus apa hubungannya sama tulisan yang diatas?

Gini, jadi saat kita udah terdoktrin sama omongan orang2 diatas tadi, kita emang mungkin akan sedikit termotivasi, tapi setelah itu apa yang terjadi? Kita akan ngomong hal yang sama ke anak kita, terus anak kita akan ngomong hal yang sama juga ke cucu kita, dan gitu terus sampe cicitnya cicit kita punya cucu. Dan apa akibatnya?
Bangsa kita kapan majunya kawan?

Gua, jujur aja, bukan tipe orang yang nasionalis. Bahkan sekitar 1-2 taun yang lalu gua adalah orang yang anti-nasionalis. Gak bercanda nih. Dulu rasanya gua udah sepet sama keadaan negara lu ( karena gua nggak menganggap diri gua sebagai bagian dari negara Indonesia (oke, mungkin kedengerannya ekstrim bgt)), yang udah amburadul parah. Kalo lu sore2 liat berita lu bakal liat berbagai macem berita yang 90 % isinya pasti gak enak. Yang si ini ditangkep lah, si itu korupsi lah. Capek ngeliatnya.

Tapi gua, mungkin karena keseringan liat berita dalem negeri, berkembang menjadi seseorang yang lebih concern (ceileh...) sama keadaan Indonesia. Karena emang bener omongan orang2 tua lenje yang bilang kalo kita adalah pemuda harapan bangsa. Kalo emang mereka udah gak mau ngurusin negeri ini, biar gua, dan lu semua juga tentunya, yang ngurus.

Kita hidup di jaman yang keliatannya enak padahal nggak. Korupsi, pembunuhan, dan perampokan, dan segala macem tindak kriminal yang lain semakin merajalela. Gua rasa itu semua emang sengaja dikasih liat sama Big Boss supaya kita jadi semakin ngerti kalo yang kayak gitu tuh nggak enak. Nggak enak kan kalo uang yang lu setor buat sesuatu malah di pake buat hal yang laen?

Semua hal gak enak itu ditunjukin bukannya supaya kita bisa ngelakuin hal yang sama tapi supaya kita nggak ngelakuin hal itu ke orang lain sementara kita tau kalo digituin tuh gak enak.
Gua optimis sama generasi kita. Dan gua harap lu semua juga gitu.

Kita semua harus jadi manusia yang (jauh) lebih baik dari pendahulu kita supaya nantinya anak cucu kita bisa mengembangkan negeri kita jadi jauh lebih baik lagi dari kita. Bayangin aja Indonesia udah jadi negara maju. Bisa produksi kendaraan sendiri, pengolahan minyak bumi bisa dilakuin di negeri sendiri, sekolah bisa murah bahkan gratis.

Oke, sekali lagi emang mungkin gua keliatan sebagai seoreng pemimpi. Tapi, apa jadinya kalo kita gak punya mimpi?

Maka dari itu, mari kita berjuang buat membenahi negeri kita tercinta supaya nanti kalimat yang kita ucapkan ke anak2 kita bukanlah,
"Kalian adalah harapan bangsa!",

tapi,

"Kalian adalah pewaris kesuksesan bangsa ini!"

1 komentar:

Anonim mengatakan...

BAGUSS LAGI PIP !!! Gw bangga sama lo...


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger