Rabu, 04 Februari 2009

Repot....

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling rebek. Kenapa gitu? Coba deh lu liat, makhluk apa selain manusia yang kalo kencing mesti di ruangan khusus? Ga ada kan? Ada banyak contoh yang mau gua kasih liat ke lu semua mulai dari yang paling gak penting sampe yang paling njlimet.

Contoh 1:
Kenapa kita mesti repot2 masak makanan kalo akhirnya cuma berakhir jadi eek? Gua sering mikir bahwa masak adalah pekerjaan paling konyol yang pernah dilakukan manusia.

Misalnya kita udah laper banget nih, tau2 di dapur ga ada nasi. Mesti bikin nasi kan lu? Mulai dari nyuci beras sampe nunggu nasi mateng yang waktunya ga sebentar. Keburu pingsan duluan kali.
Coba kita berandai-andai, misalnya nenek moyang lu ( gua juga)(kita maksudnya) pas jaman dulu makan langsung makan aja. Apa yang terjadi? Secara ilmu biologis badan kita bakal beradaptasi supaya bisa makan langsung mentah2 tanpa mesti sakit perut. Semua binatang kecuali manusia melakukan adaptasi kayak gitu.

Contoh 2 :
Saat ini dunia sedang dilanda krisis ekonomi. Dunia? Emang yang ngatur perekonomian dunia tuh siapa sih? Manusia kan? Anehnya, orang yang sama juga mengalami krisis yang melanda dunia.

Bingung? Oke, gini deh, contoh sama tapi skalanya lebih kecil. Negeri kita yang kaya SDA tapi ( dengan berat hati gua katakan) banyak utang bingung gimana caranya supaya utang luar negeri itu lunas. Bingung dengan alasan harga rupiah rendah dibanding dollar. Sekarang, kenapa nggak mereka (pemerintah) nyetak uang yang banyak terus dituker ke dalam dollar?
Hasilnya masalah lagi kan? Kalo uang terlalu banyak yang beredar maka akan terjadi deflasi ( apa inflasi ? ga ngerti gua) yang mengakibatkan harga rupiah itu sendiri turun.

Oke buat contoh yang ini gua gak begitu ngerti karen gua gak mempelajari bidang itu ( Science rules!!!). Tapi lu ngerti kan maksud gua? Duit yang tercetak mesti dikontrol.
Sama aja kayak di dunia. Pas krisis ekonomi kenapa gak nyetak duit yang banyak? Ya gitulah...

Oke, dari bacotan gua diatas apa yang bisa kita ambil?
Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan kompleks karena memiliki akal budi. Nah, buah dari akal budi tersebut adalah berbagai macam masalah tadi. Kalo misalnya kita gak bisa mikir, kencing mah tinggal ngangkang aj kan?
Masalah2 diatas (dan masih banyak lagi contoh serupa) diadakan untuk menunjukan bahwa memang benar manusialah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan kompleks (sempurna dan kompleks masalahnya). Masalah itu juga memacu kita buat berpikir lebih jauh untuk menyelesaikannya dan berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

tidak ada yang salah dengan manusia, bahkan kalo kamu bilang masak adalah sebuah kegiatan yang tolol berarti kamu yang salah. karena beribu orang filsuf bahkan menganggap masak adalah sebuah proses, proses akan menghasilkan hasil. hasil ini yang dicari manusia. mengapa manusia butuh masak? jawabannya akan kembali lagi ke pernyataan kamu. karena manusia adalah mahluk paling sempurna, dari zaman nabi adam saja ia sudah mencoba membuat api untuk memakan makanannya, dan tidak pernah ada bahwa adaptasi membuat manusia bisa memakan raw food atau makanan mentah, walau ada movement raw foodism yang kontroversial di inggris sana dan itu pun setau saya dengan proses menambahkan garam dan bumbu bumbu (yang pada dasarnya makanan itu pun di definisikan dengan tidak mentah, bukan tidak di masak karena di beri bumbu berarti di masak). jadi kalo manusia sudah dibiasakan adaptasi dengan makan segala apapun yang kamu bilang "Mesti bikin nasi kan lu? Mulai dari nyuci beras sampe nunggu nasi mateng yang waktunya ga sebentar. Keburu pingsan duluan kali." apa bedanya manusia dengan binatang? dan mahluk lain yang langsung makan? mungkin manusia akan menjadi bodoh dan berlaku seperti binatang lainya. dan ingat bung masak adalah seni. jika tidak akan ada masak, kamu tidak akan menemukan istilah kuliner kecuali kamu minat untuk hidup primitif di hutan tanpa parafin. bahkan setahu saya suku mongol saja memasak, atau suku bambaataa di afrika yang memasak babi nya dengan batu panas. ya mungkin kamu seorang Pagan sejati yang berangapan bahwa masak adalah kegiatan yang tolol, atau seorang neo-Luditte sejati anti teknologi masak memasak. maaf saya membacot banyak. much respect :)

-mahasiswa seni rupa yang vegetarian dan straight edge-

Anonim mengatakan...

BAGUS PIP !!! Lagi-lagi gw bangga sama lo.....

Pipa mengatakan...

wedeh, nikita willy buka blog gua!

Oke gua terima kritiknya, tapi pertanyaannya adalah, apakah gua menulis tentang penting nggaknya masak?

apakah gua orang yang anti masak?

tolong dibaca lah sampe tuntas


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger