Kamis, 18 Juni 2009

Gaya Bersyukur

Tersebutlah seorang pengusaha kaya raya bernama Johan. Dia adalah seorang yang memiliki banyak perusahaan dan sebagian besar sukses. Dia memiliki banyak koneksi yang berpengaruh di berbagai bidang sehingga apa yang dikerjakannya dapat dengan lancar terselesaikan.
Pada suatu saat, dalam rangka untuk bersantai sekaligus mengatasi kejenuhan akan segala rutinitasnya, Johan pergi ke sebuah pantai di pinggir kota untuk relaksasi sejenak. Ia sangat menikmati pemandangan di tempat tersebut.

Saat Johan sedang berjalan-jalan di pantai tersebut, diwaktu para nelayan pergi melaut untuk mencari ikan, Johan melihat seorang nelayan yang sedang bermalas-malasan. Nelayan itu hanya tidur-tiduran di bawah sebatang pohon, sementara para nelayan yang lain sibuk melaut mencari ikan.
Melihat kejanggalan tersebut, Johan lalu mendekati nelayan tersebut dan bertanya,

"Pak, kenapa anda hanya bermalas-malasan sementara kawan anda lainnya sibuk bekerja?"

Nelayan itu menjawab sambil lalu,

"Ikan yang saya kumpulkan sudah cukup untuk hari ini."

Johan lalu bertanya kembali, "Kenapa anda tidak menggunakan waktu anda untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak?"."Untuk apa?" nelayan itu balik bertanya.

"Tentu saja untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak."

Nelayan itu bertanya kembali, "Setelah itu apa yang akan terjadi?". Johan menjawabnya lagi "Anda bisa menjadi orang yang serba berkecukupan."

Untuk terakhir kalinya sang nelayan bertanya,"Llu setelah saya menjadi orang yang serba berkecukupan?".Johan menjawab,"Anda bisa bersantai dan mensyukuri hidup ini."

"Anda pikir apa yang sedang saya lakukan sekarang?" Ujar sang nelayan sambil langsung melanjutkan tidurnya.

Cerita itu gua ambil dari mana gitu, gua lupa.

Di cerita itu ada dua orang dengan pandangan tentang bersyukur yang berbeda satu sama lain. Kali ini akan kita rinci satu-satu.

Johan
:

Johan adalah tipe tipe orang yang menkondisikan kebahagiaan. Maksudnya?
Maksudnya adalah tipe orang yang punya pikiran "Saya akan bahagia jika...". Tipe orang yang akan bahagia dengan apa yang belom dia punya. Tipe-tipe orang yang akan selalu mengejar sesuatu yang nggak bakal abis. Setelah punya ini kepingin punya yang itu, setelah punya yang itu pingin punya yang macem-macem lagi. Tipe orang yang menunjukan sifat asli manusia. Nggak pernah puas.

Nelayan
:

Tipe ini adalah tipe yang mencukupi dirinya dengan apa yang ada.Bagi sebagian orang manusia dengan tipe begini terkesan pemalas. Tapi sebenarnya mereka adalah tipe orang yang selalu bersyukur dengan apa yang mereka punya. Orang-orang kayak gini nggak perlu punya mobil mewah atau rumah segeda bandara buat bersyukur. Cukup apa yang dia punya.

Yah, maksud postingan gua kali ini bukannya ngebandingin mana yan lebih bagus, tapi mau nunjukin cara manusia untuk mensyukuri hidup. Dari dua tipe tadi menurut gua sih nggak ada yang jelek. Yang satu berusaha mencari lebih dan mencari tantangan baru, dimana yang lain berusaha untuk tidak serakah. Dua-duanya sama baiknya.

Kalo lu yang mana?

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Gowns. Powered by Blogger